Profil Lulusan :
No | Profil | Penjelasan |
1 | Pemberi Asuhan keperawatan (Care Provider) | Sebagai perawat yang mampu memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, dan masyarakat di tatanan klinik dan komunitas untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang meliputi aspek bio, psiko, sosio, kultural, dan spiritual dalam kondisi sehat, sakit serta kegawatdaruratan berdasarkan ilmu dan teknologi keperawatan dengan memegang teguh kode etik perawat dan undang-undang yang berlaku. |
2 | Komunikator (Interaksi dan transaksi dengan klien, keluarga, dan tim kesehatan) | Perawat sebagai pemberi pelayanan Kesehatan mampu menampilkan kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif, terapeutik terhadap klien (individu, keluarga dan omunitas) serta kemapuan membangun komunikasi dengan teman sejawat dan tim kesehatan lain. |
3 | Penggerak masyarakat (Community leader) | Sebagai perawat yang mampu untuk memberdayakan masyarakat dalam mencapai hidup sehat melalui upaya promotif dan preventif, kuratif dan rehabilitatif. |
4 | Pendidik klien (educator) | Sebagai perawat yang mampu memberikan pendidikan kesehatan kepada klien baik individu, keluarga maupun masyarakat di tatanan klinik dan komunitas melalui interaksi dan komunikasi yang efektif. |
5 | Pengelola dan pemimpin pelayanan keperawatan (manager and leader) | Sebagai perawat yang menjadi bagian dari sistem pelayanan kesehatan yang mampu mengelola dan memimpin pelaksanaan pelayanan dan asuhan keperawatan melalui interaksi, transaksi dan kolaborasi dalam tim di tatanan pelayanan kesehatan dalam lingkup tanggung jawabnya. |
6 | Peneliti (Researcher) | Sebagai perawat yang mampu melaksanakan penelitian untuk pengembangan ilmu terapan keperawatan dan standar praktik dalam tatanan pelayanan kesehatan di rumah sakit dan komunitas. |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
CPL Ke | Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan |
1 | Mampu menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bangga sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung nilai kemanusiaan, etika, hukum, moral, dan budaya dalam memberikan asuhan keperawatan. |
2 | Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan secara profesional dalam skala global. |
3 | Menunjukkan kemampuan komunikasi terapeutik, bertanggungjawab dan berperan secara aktif dalam interprofesional kolaborasi dengan tim kesehatan, klien, keluarga dan masyarakat. |
4 | Mampu mengerjakan pendidikan dan konseling kesehatan dalam asuhan keperawatan dengan mengembangkan keterampilan komunikasi dan memanfaatkan informasi ilmiah. |
5 | Mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab profesinya dengan memperhatikan prinsip keselamatan pasien, mutu pelayanan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan dan caring sesuai dengan kode etik profesi. |
6 | Mampu mengelola layanan keperawatan yang berkualitas menggunakan prinsip – prinsip manajemen dalam tatanan pelayanan kesehatan. |
7 | Mampu melaksanakan penelitian di bidang ilmu dan teknologi terapan keperawatan berdasarkan etik dan bukti ilmiah yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah kesehatan dan meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan. |
8 | Mampu menghasilkan dan mengomunikasikan karya inovasi ilmu dan teknologi keperawatan kepada masyarakat. |
9 | Mampu mengembangkan keahlian dalam bidang keperawatan melalui pembelajaran sepanjang hayat. |
Kurikulum
Kurikulum Pendidikan Tinggi Sarjana Terapan Keperawatan Indonesia telah menggunakan pendekatan Outcome Based Education (OBE) karena telah dikembangkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN- Dikti). Kurikulum