STOP PLAGIARISME!!!!

Plagiarisme adalah menjiplak atau pengambilan hasil karya, ide, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiarisme sangat merugikan orang lain dan terkadang akan menghilangkan motivasi buat seseorang untuk mengeluarkan ide, pendapat ataupun suatu karya ilmiah karena ketakutan akan pencurian ide ini.

Jurusan Keperawatan Makassar menaruh perhatian besar dengan hal ini, mengingat Jurusan Keperawatan merupakan salah satu lembaga pendidikan keperawatan yang cukup ternama di Indonesia timur dan telah melahirkan banyak perawat handal yang bekerja didalam negeri maupun di luar negeri. Tekad Jurusan Keperawatan untuk mengurangi Plagiarisme dilakukan oleh mahasiswa ataupun tenaga pendidik sangat didukung oleh Direktorat Poltekkes Kemenkes Makassar sebagai organisasi induk dari Jurusan Keperawatan. Salah satu dukungan terkait hal ini adalah dengan diterbitkannya edaran No : LB.02.03/4.3/0144/2020 yang memuat batasan plagiarisme maksimal 30% untuk segala tugas akhir mahasiswa, laporan penelitian oleh dosen, laporan pengabmas oleh dosen. Aturan ini juga berlaku pada penerbitan artikel dalam jurnal online yang terbit dibawah naungan Jurusan Keperawatan Makassar.

Tindak lanjut yang dilakukan Oleh Ketua Jurusan Keperawatan dengan langsung menginstruksikan kepada seluaruh pegawai untuk menerapkan pencegahan plagiarisme ini dengan memasukkan batasan plagiarisme kedalam panduan penyusunan Skripsi/Karya Tulis Ilmiah. Diharapkan kepada tenaga pendidik juga melakukan pengecekan plagiarisme ini terhadap tugas mata kuliah yang diberikan sebagai pengalaman awal kepada mahasiswa dalam hal penghargaan terhadap karya orang lain.

Tinggalkan Balasan