DIV KEPERAWATAN MAKASSAR

Profil Lulusan :

  1. Care Provider (Pemberi Asuhan Keperawatan), memberi asuhan keperawatan kepada klien pada semua tingkat usia baik sehat maupun sakit secara menyeluruh (holistik) pada tatanan klinis dan komunitas;
  2. Community Leader (Penggerak Masyarakat), menggerakkan masyarakat untuk berbudaya sehat melalui upaya promotif dan preventif untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatannya;
  3. Educator (Pendidik), mendidik klien melalui kewenangannya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan praktis agar klien sadar pada budaya sehat serta mampu mandiri dalam menjaga dan merawat kesehatannya;
  4. Manager (Pengelola), mengelola layanan kesehatan/ keperawatan pada tatanan pelayanan kesehatan di rumah sakit, keluarga dan masyarakat;
  5. Resercher (Peneliti), melakukan penelitian terapan di bidang keperawatan untuk mendapatkan cara atau metode pelayanan kesehatan yang baru dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Capaian Pembelajaran :
Sikap dan Tata Nilai :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Penguasaan Pengetahuan :

  1. Menguasai konsep teoritis ilmu dasar yang meliputi anatomi fisiologi, fisika dan biologi, ilmu gizi, psikologi, mikrobiologi dan parasitologi, sosiologi, patologi, biokimia, farmakologi, kebijakan kesehatan nasional, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.
  2. Menguasai konsep teoritis dasar dasar keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan secara komprehensif (bio-psiko-sosial-kultural dan spiritual)
  3. Menguasai konsep teoritis kebutuhan dasar manusia dalam rentang sehat dan sakit.
  4. Menguasai konsep teori asuhan keperawatan medikal bedah secara mendalam.
  5. Menguasai konsep teori asuhan keperawatan anak secara mendalam.
  6. Menguasai konsep teori asuhan keperawatan maternitas secara mendalam.
  7. Menguasai konsep teori asuhan keperawatan jiwa secara mendalam.
  8. Menguasai konsep teori asuhan keperawatan komunitas dan keluarga secara mendalam.
  9. Menguasai konsep teori asuhan keperawatan kegawatdaruratan secara mendalam.
  10. Mampu menguasai konsep teori kepemimpinan untuk menggerakkan masyarakat.
  11. Mampu menguasai konsep teoritis pemberdayaan masyarakat.
  12. Mampu menyelesaikan masalah-masalah keperawatan /kesehatan yang sering terjadi di masyarakat melalui upaya promotif dan preventif.
  13. Mampu menguasai teori bidang pendidikan kesehatan, pendidikan ketrampilan praktis dan multimedia tertentu untuk membantu pasien agar dapat mandiri dalam mejaga dan merawat kesehatannya sendiri .
  14. Mampu menguasai konsep teori manajemen secara umum, teori manajemen layanan dan asuhan keperawatan.
  15. Mampu menguasai konsep komunikasi manajerial, konsep teori perubahan, serta teori penyelesaian masalah untuk menyelesaikan masalah manajerial pada tatanan praktik di rumah sakit atau masyarakat.
  16. Menguasai konsep teoritis bidang penelitian dasar dan terapan dalam bidang keperawatan pada tatanan klinik dan komunitas

Keterampilan Umum :

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus :

  1. Mampu mengaplikasikan komunikasi terapeutik dengan klien, keluarga dan masyarakat dan memberikan informasi yang tepat dalam melakukan asuhan keperawatan.
  2. Mampu melakukan pengkajian, analisa dan merumuskan masalah, merencanakan, implementasi, evaluasi dan dokumentasi dengan benar dan memperhatikan etika profesi.
  3. Mampu mengaplikasikan asuhan keperawatan medikal bedah secara mahir dengan menggunakan proses keperawatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia.
  4. Mampu mengaplikasikan asuhan keperawatan anak secara mahir dengan menggunakan proses keperawatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia.
  5. Mampu mengaplikasikan asuhan keperawatan maternitas secara mahir dengan menggunakan proses keperawatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia.
  6. Mampu mengaplikasikan asuhan keperawatan jiwa secara mahir dengan menggunakan proses keperawatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia.
  7. Mampu mengaplikasikan asuhan keperawatan komunitas (klg, gerontik, klp khusus) secara mahir dengan menggunakan proses keperawatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia.
  8. Mampu mengaplikasikan asuhan keperawatan kedaruratan secara mahir dengan menggunakan proses keperawatan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia.
  9. Mampu melakukan tindakan keperawatan dengan menggunakan tehnologi peralatan kesehatan secara tepat berdasarkan SOP dan kode etik dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia.
  10. Mampu melakukan komunikasi yang efektif terhadap tokoh masyarakat
  11. Mampu memberikan pendidikan kesehatan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat
  12. Mampu menggunakan Teknologi komunikasi dan seni dalam menggerakkan masyarakat.
  13. Mampu memberikan asuhan peka budaya dengan menghargai sumber-sumber etnik, agama dan faktor lain dalam menggerakkan masyarakat
  14. Mampu menggunakan ketrampilan interpersonal yang efektif dalam kerjasama tim .
  15. Mampu beradaptasi dan menjalin kerjasama dengan unsur terkait baik lintas program maupun lintas sektoral dalam menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat.
  16. Mampu memberikan pendidikan kesehatan dan melatih kemampuan praktis kepada klien agar mandiri dalam menjaga kesehatannya melalui upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.
  17. Mampu memanfaatkan multimedia, dan bekerja sama secara lintas program dan lintas sektor untuk menyelesaikan masalah klien.
  18. Mampu mengaplikasikan bidang pengelolaan layanan keperawatan dan asuhan keperawatan berdasarkan fungsi-fungsi, serta menerapkan komunikasi manajerial secara efektif dalam pengelolaan keperawatan.
  19. Mampu memanfaatkan sistem informasi, teknologi pengolahan data dan seni memimpin yang efektif untuk menyelesaikan masalah manajerial pada tatanan praktik di rumah sakit atau masyarakat, serta dapat beradaptasi terhadap proses perubahan dan mengambil keputusan yang tepat.
  20. Mampu melakukan studi eksplorasi hasil-hasil penelitian dasar dan terapan dalam bidang keperawatan sebagai dasar pengembangan penelitian
  21. Memanfaatkan teknologi pengolah data serta alat-alat pelayanan berbasis teknologi untuk melakukan penelitian dasar dan terapan di bidang keperawatanpada tingkatan individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.
  22. Membuat desain penelitian dasar dan terapan dalam bidang keperawatan dengan menggunakan metoda penelitian yang sesuai untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan.
  23. Melakukan penelitian di bidang keperawatan pada tatanan klinik atau komunitas dengan melibatkan kelompok atau unit kerja terkait untuk mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah pelayanan keperawatan serta bertanggungjawab atas hasil penelitiannya.
  24. Menyusun laporan hasil penelitian dasar dan terapan serta melakukan publikasi.